Minggu, 25 Juli 2010

SUNAH - SUNAH YANG TERLUPAKAN

Dzikir-Dzikir Adzan (sunah-sunah yg terlupakan)=> doa ketika datangnya malam

Membaca seperti apa yg diucapkan muadzdzin kecuali pada kalimat hayya ‘alash shalaah dan hayya ‘alal falaah maka mengucapkan
: لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ.{HR. Al-Bukhariy 1/152 dan Muslim 1/288}. Mengucapkan:وَأَنَا أَشْهَدُ أَنْ لاَّ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا، وَبِمُحَمَّدٍ رَسُوْلاً، وَبِالإِسْلاَمِ دِيْنًا Aku bersaksi bahwa tidak ada yg berhak diibadahi kecuali Allah semata tidak ada sekutu bagi-Nya dan bahwasanya Muhammad itu adl hamba dan utusan-Nya. Aku ridha Allah sebagai Rabb aku ridha Muhammad sebagai Rasul dan aku ridha Islam sebagai agamaku. {HR.Muslim 1/290}Dzikir ini diucapkan setelah muadzdzin mengucapkan tasyahhud {dua kalimat syahadat: asyhadu allaa ilaaha illallaah asyhadu anna muhammadar rasuulullaah}.
Bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah selesai menjawab adzan {yakni setelah muadzdzin selesai adzan}. . Berdo’a setelah selesai menjawab adzan:اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِيْ وَعَدْتَهُ Ya Allah Rabb Pemilik seruan yg sempurna ini dan Rabb shalat yg ditegakkan ini. Berilah kepada Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam wasilah dan keutamaan dan bangkitkanlah dia pada kedudukan yg terpuji yg telah Engkau janjikan kepadanya. Tentang keutamaannya maka disebutkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: Barangsiapa yg mengucapkan do’a ini ketika mendengar adzan maka halal baginya syafa’atku pada hari kiamat . Suatu keutamaan yg besar! Selayaknya bagi kita utk tidak melewatkannya. Ketika mendengar seruan adzan maka konsentrasikanlah utk menjawabnya. Jangan tersibukkan oleh urusan lain kecuali urusan yg sifatnya darurat. Setelah selesai adzan berdo’alah dgn do’a tersebut niscaya di hari kiamat kita akan mendapatkan syafa’atnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.Disebutkan bahwa salah seorang ‘ulama besar abad ini sedang menerima telepon. Ketika terdengar seruan adzan beliau rahimahullah mengatakan kepada sang penelpon Maaf saya akan menjawab adzan dulu nanti pembicaraannya dilanjutkan lagi. Suatu tauladan yg mulia yg patut utk ditiru.Adapun tambahan innaka laa tukhliful mii’aad adl tambahan yg syaadz {menyelisihi hadits yang lbh shahih} lihat Al-Kalimuth Thayyib dgn takhrijnya oleh Asy-Syaikh Al-Albaniy dan lainnya. Berdo’a utk dirinya antara adzan dan iqamah krn sesungguhnya berdo’a ketika itu tidak akan ditolak. 14. Dzikir-Dzikir Menjelang Tidur. Mengumpulkan kedua telapak tangannya kemudian meniup keduanya lalu membaca surat Al-Ikhlaash Al-Falaq dan An-Naas. Kemudian mengusap badannya semampunya dgn kedua tangannya dimulai dari kepalanya wajahnya dan bagian depan dari badannya. Hal ini dilakukan tiga kali. . Membaca ayat kursi. Barangsiapa yg membacanya ketika dia merebahkan dirinya di tempat tidurnya maka sesungguhnya akan senantiasa ada baginya dari sisi Allah yg akan menjaganya dan syaithan tidak akan mendekatinya sampai subuh. {HR. Al-Bukhariy bersama Fathul Baarii 4/487}. Membaca surat Al-Baqarah:285-286 . Barangsiapa yg membaca dua ayat ini pada malam hari maka dua ayat ini akan mencukupinya. {HR. Al-Bukhariy bersama Fathul Baarii 9/94 dan Muslim 1/554}. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda Apabila salah seorang dari kalian bangkit dari tempat tidurnya kemudian kembali lagi maka kibasilah tempat tidurnya tersebut dgn ujung kain/sarungnya tiga kali dan sebutlah nama Allah.
Karena sesungguhnya dia tidak tahu apa yg menggantinya setelah dia meninggalkannya. Dan apabila dia berbaring maka ucapkanlah:بِاسْمِكَ رَبِّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ، وَبِكَ أَرْفَعُهُ، فَإِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِيْ فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ Dengan nama-Mu Ya Tuhanku aku meletakkan lambungku dan dgn nama-Mu pula aku mengangkatnya. Maka jika Engkau menahan jiwaku maka rahmatilah dia. Dan jika Engkau melepaskannya maka jagalah dia dgn sesuatu yg Engkau jaga dengannya hamba- hamba-Mu yg shalih. . Membaca:اللَّهُمَّ إِنَّكَ خَلَقْتَ نَفْسِيْ وَأَنْتَ تَوَفَّاهَا، لَكَ مَمَاتُهَا وَمَحْيَاهَا، إِنْ أَحْيَيْتَهَا فَاحْفَظْهَا، وَإِنْ أَمَتَّهَا فَاغْفِرْ لَهَا، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ Ya Allah sesungguhnya Engkau telah menciptakan jiwaku dan Engkaulah yg mewafatkannya. Milik Engkaulah mati dan hidupnya. Jika Engkau menghidupkannya maka jagalah dia dan jika Engkau mematikannya maka ampunilah dia. Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepada-Mu keselamatan. {HR. Muslim 4/2083 dan Ahmad 2/79 dan lafazh hadits ini miliknya}. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila ingin tidur maka beliau meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya kemudian membaca:اللَّهُمَّ قِنِيْ عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ Ya Allah lindungilah aku dari ‘adzab-Mu pada hari Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu.

Dibaca tiga kali. . Membaca:بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوْتُ وَأَحْيَا Dengan nama-Mu Ya Allah aku mati dan aku hidup. {HR. Al-Bukhariy bersama Fathul Baarii 11/113 dan Muslim 4/2083}. Membaca Subhaanallaah 33x Alhamdulillaah 33x dan Allaahu Akbar 34x. Barangsiapa yg mengucapkannya ketika merebahkan diri di tempat tidurnya maka hal ini lbh baik baginya daripada seorang pembantu. . Membaca:اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَالإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ، أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ اللَّهُمَّ أَنْتَ الأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْء، وَأَنْتَ الآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ Ya Allah Rabbnya langit yg tujuh dan Rabbnya ‘arsy yg agung. Rabb kami dan Rabbnya segala sesuatu Yang membelah biji-bijian dan biji kurma. Yang menurunkan Taurat Injil dan Al- Qur`an. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu. Engkaulah Yang memegang ubun-ubunnya. Ya Allah Engkaulah Yang Awwal maka tidak ada sesuatu pun yg sebelum-Mu.

Dan Engkaulah Yang Akhir maka tidak ada sesuatu pun yg setelah-Mu. Dan Engkaulah Yang Zhahir maka tidak ada sesuatu pun yg ada di atas-Mu. Dan Engkaulah Yang Bathin maka tidak ada sesuatu pun yg lbh dekat daripada-Mu.

lunasilah hutang kami dan cukupilah kami dari kemiskinan. . Membaca:الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا، وَكَفَانَا، وَآوَانَا، فَكَمْ مِمَّنْ لاَ كَافِيَ لَهُ وَلاَ مُؤْوِيَ Segala puji hanya bagi Allah yg telah memberi kami makan dan yg telah memberi kami minum yg telah mencukupkan kami dan yg telah melindungi kami. Karena berapa banyak orang yg tidak mempunyai yg mencukupinya dan yg melindunginya. . Membaca:اللَّهُمَّ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ، رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَّ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ، وَأَنْ أَقْتَرِفَ عَلَى نَفْسِيْ سُوْءًا، أَوْ أَجُرَّهُ إِلَى مُسْلِمٍ Ya Allah Yang mengetahui perkara ghaib dan yg nampak Pencipta langit dan bumi Rabbnya segala sesuatu dan Yang memilikinya. Aku bersaksi bahwasanya tidak ada yg berhak diibadahi kecuali Engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku dan dari kejahatan syaithan dan sekutunya. Dan jangan sampai aku menjerumuskan diriku ke dalam kejelekan atau menimpakannya kepada seorang muslim. {HR. Abu Dawud 4/317 dan At-Tirmidziy lihat Shahih At-Tirmidziy 3/142}. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda Jika kamu ingin pergi ke tempat tidur maka berwudhu`lah sebagaimana kamu berwudhu` utk shalat. Kemudian berbaringlah di sebelah sisimu yg kanan lalu ucapkanlah:اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِيْ إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِيْ إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِيْ إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِيْ إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ إٍلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِيْ أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِيْ أَرْسَلْتَ Ya Allah aku menyerahkan diriku kepada-Mu dan aku memasrahkan urusanku kepada-Mu. Dan aku hadapkan wajahku kepada-Mu dan aku sandarkan punggungku kepada-Mu dalam keadaan harap dan cemas hanya kepada-Mu. Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari Mu kecuali hanya kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab-Mu yg telah Engkau turunkan dan kepada Nabi-Mu yg telah Engkau utus. Rasulullah menyatakan kepada orang yg mengucapkan do’a ini: Jika kamu mati maka kamu mati di atas fithrah . . Membaca surat As-Sajdah dan Al-Mulk. {HR. At-Tirmidziy dan An-Nasa`iy lihat Shahiihul Jaami’ 4/255}Do’a-do’a menjelang tidur ini jika tidak mampu dibaca semua maka bacalah semampunya.15. Do’a ketika Berbolak-balik di Malam HariKetika kita sedang tidur di malam hari kemudian badan kita berbolak-balik ke kanan dan ke kiri maka hendaklah kita mengucapkan:لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ، رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا الْعَزِيْزُ الْغَفَّارُ Tidak ada yg berhak diibadahi kecuali Allah Yang Esa lagi Maha Perkasa. Rabbnya langit dan bumi serta semua yg ada di antara keduanya Dzat Yang Maha Mulia lagi Maha Pengampun.

16. Do’a ketika Tersentak dalam Tidur dan Orang yg Dihinggapi Rasa KesepianHendaklah dia membaca:أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقَابِهِ وَشَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنَ Aku berlindung dgn kalimat Allah yg sempurna dari kemurkaan dan siksaan-Nya serta dari kejahatan hamba-hamba-Nya dan dari bisikan-bisikan syaithan serta apabila mereka datang . {HR. Abu Dawud 4/12 lihat Shahih At-Tirmidziy 3/17117. Amalan dan Do’a ketika Melihat Mimpi Buruk dan Mimpi Kosong {Mimpi yg Tidak Bisa Ditafsirkan}. Hendaklah dia meludah ringan ke arah kirinya tiga kali. Berlindung kepada Allah dari godaan syaithan dan dari kejelekan apa yg dilihatnya tiga kali. . Tidak menceritakannya kepada siapapun. . Mengubah/Berpindah dari posisi tidur sebelumnya. . Hendaklah dia bangkit utk melakukan shalat kalau dia mau. 18. Dzikir-Dzikir ketika Bangun TidurKetika bangun tidur hendaklah kita membaca:الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ Segala puji hanya bagi Allah yg telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan hanya kepada-Nya dikumpulkan. {HR. Al-Bukhariy bersama Fathul Baarii 11/113 dan Muslim 4/2083لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ، رَبِّ اغْفِرْلِيْ Tidak ada yg berhak diibadahi kecuali Allah satu-satu-Nya tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik- Nya kerajaan dan milik-Nya segala puji dan Dia Maka Kuasa atas segala sesuatu. Maha Suci Allah dan segala puji hanya milik Allah dan tidak ada yg berhak diibadahi kecuali Allah dan Allah Maha Besar. Dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dgn pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Ya Tuhanku ampunilah aku. Siapa yg mengucapkannya maka akan diampuni dan jika berdo’a maka akan dikabulkan dan jika dia bangkit lalu berwudhu` kemudian shalat maka akan diterima shalatnya.

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِيْ جَسَدِيْ وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ Segala puji hanya bagi Allah yg telah memberi keselamatan kepadaku dalam jasadku dan yang telah mengembalikan ruhku kepadaku dan yg telah mengizinkanku utk berdzikir/mengingat-Nya. Dan membaca surat Aali ‘Imraan:190-200. {HR. Al-Bukhariy bersama Fathul Baarii 8/237 dan Muslim 1/530}Semoga Allah selalu membimbing kita ke jalan yg lurus. Aamiin. Wallaahu A’lam.Maraaji’: Hishnul Muslim min Adzkaaril Kitaab was Sunnah karya Asy-Syaikh Sa’id bin ‘Ali bin Wahf Al-Qahthaniy Buluughul Maraam dan Al-Kalimuth Thayyib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://www.listenarabic.com/movies/